menu melayang

POP UP NOTIFIKASI PEMBELI

Rabu, 23 Februari 2022

Memahami Strategi membangun Content Marketing yang Menarik

Memahami Strategi membangun Content Marketing yang Menarik

Memahami Strategi membangun Content Marketing yang Menarik

Content marketing adalah salah satu strategi bisnis di era digital. Bukan sekadar membangun konten lalu didistribusikan di media sosial atau website, dibutuhkan rencana yang solid dan cerdas untuk membangun konten tak hanya dibaca, tapi juga menghasilkan keuntungan. Perlu diperhatikan pula, content marketing harus selalu mutakhir, inovatif, dan kuat dalam proses pembuatannya.
membangun content marketing yang menarik memiliki efek jangka panjang. Jika Anda punya konten yang bermanfaat bagi audiens, mereka akan mencari Anda dengan tujuan mendapatkan solusi dari permasalahannya. Dari hal itu, beberapa dari mereka menjadi customer Anda.
Lalu, bagaimana membangun konten yang menarik? Berikut dipaparkan pengertian, manfaat, strategi content marketing, dan tools yang menunjang produktivitas kerja online marketing.
Memahami Strategi membangun Content Marketing yang Menarik

Pengertian Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran yang aktivitasnya merencanakan, membangun, dan mendistribusikan konten untuk menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi pelanggan.
Sementara menurut Neil Patel, content marketing adalah strategi jangka panjang yang berfokus pada membangun hubungan yang kuat dengan audiens target. Caranya adalah dengan memberikan konten berkualitas tinggi yang relevan dan memiliki kedekatan emosi bagi mereka secara konsisten.
Dengan relasi kuat dan kedekatan tersebut, audiens akan membangun keputusan pembelian atas loyalitas mereka yang sudah tercipta pada produk Anda. Mereka akan membeli produk Anda dan lebih memilihnya daripada opsi dari kompetitor karena kepercayaan yang terbangun.
Perlu diperhatikan, ada dua kesalahpahaman tentang content marketing. Pertama, content marketing bukan hanya tentang mempromosikan konten, melainkan juga mencakup proses perencanaan, pembuatan, dan analisanya. Selain itu, dalam pemasaran ada istilah marketing funnel atau purchasing funnel, yaitu tahapan itu dilalui oleh calon customer mulai dari pengenalan hingga pembelian. Kedua, content marketing bukan berarti konten yang berisi marketing atau penjualan. Konten dalam content marketing seharusnya sebagian besar berisi informasi dan panduan yang memberikan solusi atas permasalahan. Dari situ, audiens akan mengenal, kemudian mendorongnya untuk melakukan pembelian. Artinya, content marketing menyediakan konten untuk masing-masing tahap dalam marketing funnel.
Memahami Strategi membangun Content Marketing yang Menarik

Manfaat Content Marketing

Mengapa bisnis memerlukan content marketing? Alasan mendasarnya karena cara ini yang paling efektif bagi pebisnis online untuk memasarkan bisnis. Seperti apa buktinya? Berikut manfaat dari penerapan content marketing:
1. Meningkatkan Brand Awareness
Strategi pemasaran konten menjadi alat berharga untuk memperkuat hubungan pelanggan. Mereka akan merasakan hubungan yang lebih dekat dan lebih positif terhadap merek yang membangun konten khusus. Karena semakin sukses konten Anda, semakin banyak orang akan mengingat merek Anda dan menciptakan asosiasi positif dengannya.
2. Meningkatkan Search Engine Optimisation (SEO)
Menerbitkan konten teks akan meningkatkan SEO website atau sosial media, asalkan Anda mengikuti berbagai tips SEO. Seperti penggunaan keyword dalam SEO yang harus terlihat natural, karena overloading postingan Anda dengan keyword dapat memiliki efek buruk pada reputasi situs bisnis Anda.
3. Memperluas Target Konsumen
Sosial media menjadi platform strategi untuk bertemu orang-orang baru. Sebagai tempat mendistribusikan konten, Anda juga bisa memperluas target konsumen dengan bergabung dengan pelanggan di media sosial. Jika konten berkualitas, tak menutup kemungkinan mereka akan melakukan repost konten Anda dan membagikan ke pengikutnya. Tentu, hal ini akan memperluas target konsumen baru.
4. Mempengaruhi Konversi
Jika pelanggan menikmati konten Anda, tandanya mereka telah merasakan relasi yang lebih dekat dengan brand. Kemudian, mereka akan lebih mempercayai brand tersebut. Adanya kepercayaan, tentu akan mempengaruhi konversi. Apalagi jika Anda menerapkan link-to-action atau link ke produk yang ditempatkan dengan baik dalam artikel. Hal itu berdampak baik bagi keseluruhan strategi konten dengan mengarahkan pelanggan ke halaman yang sesuai kebutuhannya.
5. Membangun Loyalitas
Keberhasilan konten yang menarik dapat membawa pelanggan kembali setelah melakukan pembelian pertama. Jika terjadi pembelian berulang, tandanya mereka telah percaya pada brand Anda karena memberikan manfaat dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Artinya, content marketing dapat membantu Anda menghasilkan pembelian berulang.
Memahami Strategi membangun Content Marketing yang Menarik

Cara membangun Content Marketing

Content Marketing adalah Karena pemasaran konten memiliki manfaat jangka panjang, maka membangun content marketing dibutuhkan rencana yang matang. Bagaimana caranya? Berikut beberapa strategi dan cara membangun content marketing untuk menunjang bisnis Anda.
1. Menentukan Tujuan Marketing
Untuk membantu arah pemasaran, Anda perlu menentukan tujuannya sebagai dasar rencana yang akan dilakukan. Seperti alasan memulai perencanaan content marketing dan faktor yang membangun Anda tertarik mulai membangun konten. Mengetahui dua hal tersebut sebelum memulai perencanaan, dapat membantu menentukan hal-hal seperti apa yang cocok untuk dimasukkan dalam strategi content marketing.
2. Melakukan Riset Buyer Persona
Setelah menentukan tujuan pemasaran, Anda perlu mengetahui target audiens Anda. Caranya dengan melakukan buyer persona, yaitu representasi berdasarkan riset untuk menggambarkan seperti apa target konsumen Anda. Hal ini penting dilakukan sebagai guide agar membangun konten lebih relevan dan menarik bagi target audiens.
Perlu diketahui, target audiens bisa saja berubah. Anda bisa memilih audiens baru atau memperluas target audience Anda, atau mungkin target audiens yang sama. Mengetahui hal tersebut, Anda perlu melakukan market research setiap tahun sebagai dasar dalam evaluasi strategi marketing Anda.
3. Lakukan Audit Konten
Konten yang sudah dibuat, ada baiknya segera lakukan evaluasi dan review. Apakah hasilnya membantu rate konversi di situs atau media sosial, atau malah membantu meningkatkan brand awareness serta traffic website. Dari situ, akan muncul strategi content marketing baru yang bisa Anda lakukan pada periode selanjutnya.
4. Menggunakan Content Management System
Content management system adalah aplikasi komputer yang mendukung pembuatan dan modifikasi konten digital. Fitur-fiturnya memiliki fungsi praktis dan efisien dalam pembuatan konten, seperti produksi, publikasi, dan analisis. Beberapa aplikasi di bawah ini bisa Anda coba:
Wordpress: WordPress secara spesifik ditujukan untuk membangun dan mengelola blog. CMS yang didasarkan bahasa pemrograman PHP dan MySQL ini tergolong mudah digunakan, gratis, hadir dengan banyak pilihan template dan plugins.
Drupal: Berbasis open source, Drupal tidak hanya dipakai untuk mengelola konten, tapi juga dapat digunakan untuk menambah dan merubah module position.
Joomla: Joomla menjadi salah satu CMS yang berkembang pesat karena langkah pemasangannya yang mudah. CMS ini hadir dengan user interface yang cukup sederhana, memakai MySQL, bahasa pemrograman PHP yang mudah dipelajari, serta dukungan desain dan template yang dapat Anda ubah sesuai kebutuhan.
5. Pikirkan Ide-ide Konten
Konten-konten yang dibuat sejatinya harus orisinal, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan target audiens Anda. Memang tak mudah, tapi beberapa tools ini bisa membantu Anda dalam menentukan konten:
HubSpot Website Grader: Digunakan saat ingin melihat kemajuan marketing Anda, mulai dari usaha blogging sampai social media marketing. Tools content marketing ini memberi nilai pada area penting dalam pemasaran. Anda bisa mengetahui bagaimana cara untuk membangun website Anda agar lebih SEO-friendly dan menemukan ide konten baru.
What To Write: Tool ini akan membantu memulai brainstorming untuk menghasilkan beberapa ide konten, setelah Anda menyelesaikan pertanyaan yang diberikan. Anda dapat menggunakan gagasan itu dalam rencana pemasaran konten Anda.
Feedly: Tools ini dapat melacak topik yang sedang populer di industri Anda dan menemukan ide konten.
BuzzSumo: Aplikasi ini menggunakan share media sosial untuk menentukan konten yang populer dan disukai.
Content Forest: Tools gratis ini membantu Anda menemukan konten populer milik kompetitor, kata kunci efektif, dan gagasan konten.
6. Tentukan Format Konten yang Dibuat
Jenis konten dapat mempengaruhi perhatian audiens. Dari topik yang ada, perlu dipilih format konten yang tengah populer, seperti di bawah ini:
Blog post: Tersedia di website dan dirilis secara rutin untuk menarik pengunjung baru. Postingan Anda harus memiliki nilai agar audiens tertarik untuk membaca dan membagikannya melalui sosial media. Anda boleh bereksperimen untuk melihat apakah audiens Anda lebih menyukai artikel yang panjang atau lebih pendek.
Ebooks: buku digital ini biasanya lebih panjang dan lebih mendalam. Namun jika berhasil, audiens mungkin menginginkan lebih banyak konten dari sebuah ebook dan mengirimnya kepada orang lain untuk mempelajari lebih banyak informasi berharga untuk bisnis mereka.
Template: Format konten yang praktis ini bisa memberikan nilai yang lebih tinggi. Format ini juga dapat menghemat waktu Anda.
Infografis: Format ini mengatur dan memvisualisasikan data dengan cara yang lebih menarik daripada kata-kata saja, karena biasanya terdapat gambar. Jika Anda ingin berbagi banyak data dengan cara yang jelas dan mudah dipahami, infografis jadi jawabannya.
Video: Media konten yang menarik ini dapat dibagikan di seluruh platform media sosial dan website. Meski memerlukan usaha lebih soal waktu dan sumber daya, tetapi video dapat meningkatkan popularitas visual marketing.
Podcast: Memulai podcast akan membantu audiens mengenali merek Anda jika mereka tidak mempunyai waktu untuk membaca atau menonton konten setiap hari. Pertimbangkan podcast sebagai format konten lain untuk bereksperimen.
7. Kelola Konten
Setelah melakukan audit konten, Anda juga perlu mengatur dan mengelola konten yang akan dibagikan. Caranya, Anda bisa memanfaatkan kalender editorial untuk mengetahui kapan memproduksi, menyampaikan, dan mempromosikan rencana strategi konten.
Setelah semua strategi di atas tersebut diaplikasikan, pertimbangan selanjutnya adalah menggunakan perangkat laptop yang tepat untuk membangun konten Anda lebih maksimal dan dapat bekerja di mana pun. Seperti Acer TravelMate Series dengan portabilitas powerful berkat prosesor Intel® Core™ Generasi 10/11 dan Celeron® serta memori besar.
Laptop ini semakin responsif dan cepat untuk membangun konten lebih banyak, mendistribusikan ke berbagai platform, hingga memaksimalkan penggunaan tools content marketing secara multitasking.
Menggunakan laptop TravelMate untuk pemasaran bisnis dapat membantu segala pekerjaan secara fleksibel, mobile, dan efisien. Dengan demikian, membangun konten atau melakukan pemasaran menjadi lebih nyaman dan terlindungi.
Memahami Strategi membangun Content Marketing yang Menarik
Content marketing cocok diterapkan pada bisnis kecil maupun yang sudah berkembang. Buatlah konten sekreatif mungkin. Usahakan terdapat keunikan dan orisinalitas tersendiri dibandingkan konten yang lain. Berikan ide-ide baru agar audiens tidak bosan dengan konten yang itu-itu saja. Bekerjasama dengan tim juga merupakan salah satu hal efektif untuk meningkatkan produktivitas. Selamat mencoba!

LIHAT JENIS LAYANAN VIDEO YANG KAMI KERJAKAN

Layanan jasa pembuatan video promosi yang kami kerjakan untuk Anda.

📢 Video Perusahaan

Kami dari pptpixel menerima layanan pembuatan video untuk kebutuhan perusahaan anda seperti GANTIJUDUL, video Profil Perusahaan, video infografis perusahaan, video animasi layanan perusahaan, video presentasi perushaan, video Video Perusahaan Video Induksi Keselamatan, video Fitur Animasi, Video Penjelasan, Video Animasi Pelatihan, Video Kursus Elektronik, dan lainnya. Info lengkap hubungi kami di whatsap http://bit.ly/pesanvideo atau tlpn 0853 8390 4419 (udin).

👕 Video Iklan Media Sosial

Promosikan Bisnis Anda Dalam Sebuah Video Viral Di Sosial Media Terbesar Saat ini

📧 Video Undangan

Mengabadikan Momen Penting Dalam Hidup Anda Dalam Sebuah Video Dengan Kualitas Terbaik

🎀 Video Kegiatan Acara Seminar & Presentasi 

Membuat Video Seminar & Presentasi Anda Sangat Menarik dan Tidak Membosankan.

KLIK ORDER VIA WHATSAPP NOW

LIHAT CONTOH GIF BERIKUT




JASA PEMBUATAN VIDEO PROMOSI

Apakah Kamu Ingin Bisa Membuat Video Promosi yang Keren

Ciptakan tren terbaru video promosi dengan animasi yang unik, menarik dan menyentuh hati calon pelanggan Anda. Layanan: Video Animasi Explainer & Video Slideshow





KLIK ORDER VIA WHATSAPP NOW

LIHAT CONTOH GIF BERIKUT

Blog Post

Related Post

Back to Top

Translate


Cari Artikel

Arsip Blog

tag

Jasa video animasi Arsitektur & Desain, Jasa video animasi Buku Bangunan, Jasa video animasi Buku Codes & Standars, Jasa video animasi Buku Dekorasi & Ornamen, Jasa video animasi Buku Desain Dapur, Jasa video animasi Buku Desain Kamar, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Keluarga, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Tamu, Jasa video animasi Buku Desain Rumah, Jasa video animasi Buku Interior & Eksterior, Jasa video animasi Buku Metode, Jasa video animasi Buku Taman, Jasa video animasi Material Bangunan, Jasa video animasi Buku Hukum, Jasa video animasi Buku Gender & Hukum, Jasa video animasi Buku Hukum Dagang, Jasa video animasi Buku Hukum Perdata, Jasa video animasi Buku Hukum Internasional, Jasa video animasi Buku Hukum Pidana, Jasa video animasi Buku Kemanusiaan, Jasa video animasi Buku Politik & Hukum, Jasa video animasi Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan, Jasa video animasi UUD 1945, Jasa video animasi Buku Import, Jasa video animasi Agriculture Book Import, Jasa video animasi Art & Novel Import, Jasa video animasi Child & Teenager Book Import, Jasa video animasi Computer Book Import,